Selasa, 15 Mei 2012

Jenis-Jenis Jaringan Berdasarkan Jangkauan


Beberapa klasifikasi dalam jaringan komputer menurut luas cakupannya dan teknologi yang digunakannya, ada 3 macam jenis jaringan / network yaitu :

 LAN (Local Area Network)
LAN adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke suatu komputer server dengan menggunakan topologi tertentu, biasanya digunakan dalam kawasan yang jaraknya tidak lebih dari 1 km. Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya dijadikan sebuah file server, yang digunakan untuk menyimpan software.

MAN (Metropolitan Area Network)
MAN adalah jaringan komputer yang saling terkoneksi dalam satu kawasan yang jaraknya bisa lebih dari 1 km meliputi area yang lebih besar dari LAN. Misalnya, pilihan untuk membangun jaringan komputer antar kantor dalam suatu kota, antar wilayah dalam satu propinsi.


 WAN ( Wide Area Network)
WAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan banyak LAN ke dalam suatu jaringan terpadu, antara satu jaringan dengan jaringan lain, dapat berjarak ribuan kilometer atau terpisahkan letak geografi dengan menggunakan metode komunikasi tertentu.
Biasanya sudah menggunakan satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh, keseluruhan jaringan Bank BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain. Menggunakan sarana WAN, sharing bisa dilakukan hanya dalam beberapa menit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar